Les Privat BS | Your Blog Description

Brilliant Student is your choice

Brilliant Student is your choice
BS

Welcome

Selamat datang di Les Privat BS

Graduate

Graduate
Les privat ke rumah

Guru Les dan Siswa

Guru Les dan Siswa
Semangat Mengajar dan Belajar di BS

Popular Posts

Belajar Dengan Move On di BS. Diberdayakan oleh Blogger.

Konsultasi di Les Privat BS

LINK BANNER

Fans Page

Total Pageviews

"twitter-tweet"@Brilliants_Camp : The Planets : Earth with others

Samuel FB Morse seorang ilmuwan, penemu telegraf ternama yang juga seniman

       Samuel Finley Breese Morse, penemu beberapa perbaikan telegraf, lahir di Charlestown, Mass. pada tanggal 27 April 1791. Sebagai mahasiswa di Yale College, Morse mulai tertarik pada seni lukis dan pengembangan subjek listrik. Setelah lulus pada tahun 1810, ia pertama kali berkonsentrasi pada seni lukis, yang dipelajarinya di Inggris. Ia kemudian menjadi pelukis potret yang terkenal.   

 
Samuel F.B. Morse, pelukis, filantropis, dan penemu Amerika yang mengembangkan telegraf elektrik (1832–35). 

Abad ke-19 merupakan era penemuan dan salah satu tokoh paling terkenal pada era ini adalah Samuel Morse, penemu Amerika yang menemukan sistem telegraf kabel tunggal yang memungkinkan komunikasi hampir seketika melintasi jarak yang sangat jauh. 

      Ia paling dikenang sebagai salah satu pencipta sistem komunikasi pemersatu yang digunakan oleh operator telegraf di seluruh dunia: Kode Morse. Namun, sebelum Morse mengubah cara dunia berkomunikasi, ia adalah seorang pelukis ulung yang belajar dengan beberapa seniman terhebat saat itu di Royal Academy of Arts dan melukis potret untuk orang-orang Amerika terkemuka dari sebuah studio seni yang dikelolanya di Boston. 


        Setelah pindah ke New York pada tahun 1825, ia menjadi pendiri dan presiden pertama National Academy of Design. Ia juga mencalonkan diri untuk jabatan, tetapi kalah dalam kedua kampanyenya untuk menjadi wali kota New York. Sementara itu, Morse tetap memiliki minat yang kuat dalam penemuan, dengan mengambil tiga hak paten untuk pompa pada tahun 1817 bersama saudaranya Sidney Edwards Morse. Baru pada tahun 1832 ia pertama kali tertarik pada telegrafi.


       Tahun itu, Morse sedang dalam perjalanan ke Amerika Serikat dari Eropa dengan sebuah kapal ketika ia mendengar percakapan tentang elektromagnetisme yang mengilhami idenya untuk membuat telegraf listrik. Meskipun ia kurang memiliki pengetahuan tentang kelistrikan, ia menyadari bahwa denyut arus listrik dapat menyampaikan informasi melalui kabel. Telegraf, sebuah perangkat yang pertama kali diusulkan pada tahun 1753 dan pertama kali dibuat pada tahun 1774, merupakan mesin yang tidak praktis hingga saat itu, yang membutuhkan 26 kabel terpisah, satu untuk setiap huruf alfabet. Sekitar waktu itu, dua insinyur Jerman telah menemukan model lima kabel, tetapi Morse ingin menjadi orang pertama yang mengurangi jumlah kabel yang digunakan menjadi satu.



      Antara tahun 1832 dan 1837, ia mengembangkan model kerja telegraf listrik, menggunakan bahan-bahan mentah seperti baterai buatan sendiri dan roda gigi jam tua. Ia juga memperoleh dua mitra untuk membantunya mengembangkan telegrafnya: Leonard Gale, seorang profesor sains di Universitas New York, dan Alfred Vail, yang menyediakan keterampilan mekaniknya dan pabrik besi keluarganya di New Jersey untuk membantu membangun model telegraf yang lebih baik.


       Alat telegraf pertama Morse, yang diperkenalkan pada tahun 1837, menggunakan sistem satu kawat, yang menghasilkan garis seperti EKG pada pita ticker. Lekukan pada garis tersebut harus didekode menjadi huruf dan angka menggunakan kamus yang dibuat oleh Morse. Ini mengasumsikan bahwa pena atau pensil menulis dengan jelas, yang tidak selalu terjadi. Pada tahun berikutnya, ia telah mengembangkan sistem yang lebih baik; ia menciptakan kode titik-dan-garis yang menggunakan angka yang berbeda untuk mewakili huruf-huruf alfabet Inggris dan sepuluh digit. (Asistennya Vail telah diakui oleh Franklin T. Pope, yang kemudian menjadi mitra Thomas Edison, sebagai penemu versi "titik dan garis" ini). Sistem pengodean ini jauh lebih baik, karena tidak memerlukan pencetakan atau dekode tetapi dapat "dibaca dengan suara" oleh operator. Pada tahun 1838, di sebuah pameran telegrafnya di New York, Morse mengirimkan sepuluh kata per menit menggunakan kode Morse yang kemudian menjadi standar di seluruh dunia.

       Pada tahun 1842, Morse meyakinkan Kongres untuk menyediakan $30.000 untuk mendukung rencananya untuk "menghubungkan" Amerika Serikat.

 
       Sementara itu, Morse juga meminta dan menerima saran dari sejumlah pakar telegrafi Amerika dan Eropa, termasuk Joseph Henry dari Princeton, yang telah menemukan telegraf yang berfungsi pada tahun 1831, dan Louis Breguet dari Paris. Pada tahun 1844, Morse mengajukan paten (diberikan pada tahun 1849) untuk telegraf cetak. Ia telah membuktikan bahwa perangkatnya berfungsi dalam jarak pendek, dan dana Federal yang ia kumpulkan telah memungkinkannya untuk memasang kabel dari Baltimore ke Washington. Pada tanggal 11 Mei 1844, Morse mengirimkan pesan antarkota pertama. Segera setelah itu, ia memberikan demonstrasi publik pertama, di mana ia mengirimkan pesan dari ruang sidang Mahkamah Agung ke depo kereta Mount Clair di Baltimore. Pesan itu sendiri dipinjam dari Alkitab oleh putri Komisaris Paten dan berkata, "Apa yang telah Tuhan buat?" Pada tahun 1846, perusahaan swasta yang menggunakan paten Morse telah membangun jalur telegraf dari Washington ke Boston dan Buffalo dan terus maju lebih jauh.

Samuel Morse menggabungkan mahakarya Louvre dalam galeri imajiner. Louis Jacques Mandé Daguerre / Macbeth Gallery Records, Archives of American Art, SI; Terra Foundation for American Art, Daniel J. Terra Collection

       Telegraf menyebar di seluruh AS lebih cepat daripada rel kereta api, yang rutenya sering dilalui kabel. Pada tahun 1854, terdapat 23.000 mil kabel telegraf yang beroperasi. Western Union didirikan pada tahun 1851, dan pada tahun 1866, sambungan kabel trans-Atlantik pertama yang berhasil dibangun. Meskipun Morse tidak menemukan telegraf dan tidak seorang diri menciptakan Kode Morse, ia mungkin merupakan promotor telegrafi terbesar dan tidak diragukan lagi berkontribusi pada perkembangan dan adopsi telegrafi yang cepat di seluruh dunia.

       


      Morse meninggal karena pneumonia di New York pada tanggal 2 April 1872. Menjelang akhir hidupnya, ia membagikan kekayaannya yang besar melalui hibah ke perguruan tinggi seperti Yale dan Vassar, selain melalui kegiatan amal dan seniman.






6 Kiat agar belajar lebih baik dengan selalu fokus, dan buat Perencanaan

       Saat kamu duduk untuk belajar, apakah kamu tipe orang yang membuka buku, lalu memeriksa ponsel, mengambil makanan cemilan, memeriksa ponsel lagi, berbicara dengan teman belajar dan akhirnya mulai membaca hanya untuk mengulangi seluruh proses 10 menit kemudian?.



      Saat pikiran kamu berpacu ke berbagai arah. Namun, semakin kamu dapat berkonsentrasi pada pekerjaan kamu, semakin banyak waktu yang kamu miliki untuk memenuhi semua kewajiban kamu yang lain. Bagi seorang siswa yang sibuk, manajemen waktu adalah kuncinya, dan konsentrasi merupakan komponen yang tidak terpisahkan.



      Baiklah, untuk membantu kamu memanfaatkan waktu belajar sebaik-baiknya, berikut adalah enam kiat untuk meningkatkan konsentrasi:


1. Amati dan sesuaikan lingkungan terbaik untuk membantu kamu berkonsentrasi.

Mengetahui tempat terbaik untuk berkonsentrasi sangat penting untuk memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Jika kamu perlu berdiam diri di meja di ruangan yang tenang, pastikan kamu memiliki ruang belajar khusus dan beri tahu keluarga atau teman sekamar bahwa kamu tidak boleh diganggu. Bagi yang lain, kantin dan tempat jajan mungkin lebih disukai, tetapi perlu diingat bahwa area publik dapat dengan cepat menjadi ramai dan berisik.


2. Minimalkan gangguan

Mencoba belajar sambil menonton televisi, membuka gadget, internet dan media sosial akan membuat kamu sulit fokus pada pelajaran. Singkirkan gangguan, termasuk ponsel, dari ruang balajarmu.


3. Tulis daftar tugas

Biasanya kamu melihat semua hal yang perlu diselesaikan dan merasa kewalahan. Membagi pelajaran menjadi tugas-tugas yang lebih kecil akan memudahkan kamu mengatur waktu dan memberikan rasa pencapaian. Proses ini juga membuat tujuan kamu lebih jelas, sehingga akan lebih sulit untuk tersesat dalam beban kerja.


 4. Jadwalkan waktu belajar

Daripada berebut memenuhi tenggat waktu, sisihkan waktu dalam jadwal mingguan kamu untuk belajar. Dalam jangka panjang, maka kamu akan terbiasa belajar pada waktu tertentu setiap hari, dan terhindar dari stres yang tidak perlu akibat sesi belajar yang melelahkan atau begadang semalaman.


5. Pilih makanan cemilan yang sehat

Jangan biarkan makanan membuat kamu menjadi lesu. Pilih camilan yang akan memberi kamu energi daripada yang akan membuat lesu. Sekali lagi, di sinilah perencanaan waktu belajar dapat membuat perbedaan besar. Misalnya, jika lamu langsung pergi ke kelas atau perpustakaan dari kantor, bawalah camilan sehat untuk membantumu tetap bersemangat daripada bergantung pada mesin penjual otomatis atau makanan cepat saji.


6. Beristirahatlah

Otak kita tidak dirancang untuk belajar berjam-jam tanpa istirahat. Sebaliknya, fokuslah pada satu proyek selama 30 hingga 45 menit, lalu istirahatlah selama beberapa menit sebelum beralih ke item berikutnya dalam daftarmu.


      Demikianlah kiat agar belajar lebih baik dengan selalu fokus dan membuat perencanaan, semoga berguna.



Bagaimana Anak-Anak dan Remaja Belajar

   Anak-anak dan remaja belajar dengan mengamati, mendengarkan, mengeksplorasi, bereksperimen dan selain itu, juga banyak  mengajukan beberapa pertanyaan. Tertarik, termotivasi, dan kemudian terlibat dalam pembelajaran penting bagi anak-anak begitu mereka mulai bersekolah. Ini juga dapat membantu jika mereka memahami mengapa mereka mempelajari sesuatu.                                                                    

                                                                                              Dan seiring bertambahnya usia anak, anak akan menikmati mengambil lebih banyak tanggung jawab untuk pembelajaran mereka dan lebih terlibat dalam membuat keputusan tentang belajar dan mengatur kegiatan. Anak akan terus belajar dari orangtuanya selama bertahun-tahun. Ketika anak tersebut pergi ke sekolah dasar dan kemudian sekolah menengah, orangtua dapat membantu anak untuk memiliki sikap belajar yang positif, hanya dengan menjadi diri sendiri yang positif dan menunjukkan bahwa anak tersebut menghargai pembelajaran yang diberikan sekolah.                                                                                                               Perubahan proses berpikir remaja                              Remaja sedang mengalami perubahan dalam proses berpikir, atau kognitif mereka. Kognisi mengacu pada proses berpikir yang terjadi di dalam otak.                                                       
       Peningkatan keterampilan berpikir pada usia 15 atau 16 tahun, remaja memiliki kemampuan berpikir yang sama dengan orang dewasa. Namun, fungsi otak mereka secara keseluruhan masih belum matang. Remaja dapat menggunakan keterampilan berpikir tingkat lanjut mereka untuk menantang orang tua dan menguji serta mengeksplorasi ide-ide baru. Remaja membutuhkan bantuan belajar untuk mengekspresikan ide-ide mereka dan menantang orang lain dengan cara yang tepat. Sebagai orang tua, Anda harus memahami bahwa ekspresi ide-ide baru remaja adalah bagian dari perkembangan normal.

Motivasi dan hal yang mendasari Albert Einstein belajar matematika dan fisika

    Salah satu manusia jenius yang pernah ada dan terkenal hingga namanya melegenda, yaitu Albert Einstein. Pada tahun 1905, ia menerbitkan empat artikel ilmiah yang meletakkan dasar fisika modern, mengubah pandangan tentang ruang, waktu, massa, dan energi. Setelah membuat namanya dengan empat artikel ini, ia kemudian memenangkan Hadiah Nobel pada tahun 1921 untuk penjelasannya tentang fenomena yang dikenal sebagai efek fotolistrik. Orang-orang yang terbaik dari yang terbaik dalam apa yang mereka lakukan biasanya dibedakan oleh kebiasaan mereka yang tidak biasa, seperti berfokus pada hal-hal yang benar, dan secara obsesif mempraktikkan keahlian mereka ketika tidak ada orang lain yang menonton. Mereka tidak hanya bekerja melebihi rekan-rekan mereka dan orang lain di luar kelompok sebaya mereka, mereka juga bekerja lebih efisien, dan menganggap belajar sebagai cara hidup. Singkatnya,  lalu bagaimana seorang Einstein melalui tahap belajar sejak SD hingga tingkat perguruan tinggi, dan cara menggunakan otaknya dalam belajar.  Hingga akhirnya memperoleh Nobel dan menginspirasi banyak orang?.  Coba kita simak.                                                      

Belajar datang dari memecahkan masalah yang sulit, bukan menghadiri kelas. Satu hal yang menjadi jelas ketika melihat sekolah awal Einstein adalah ketidaksukaannya untuk menghafal dan menghadiri kelas. Pengalaman ketika di sekolah, Profesor fisika yang menjatuhkannya, dan beberapa perlakuan yang tidak sedikit dia terima,  karena Einstein sering bolos kelas. Seperti yang dia klaim, "Saya sering bermain-main dan mempelajari master fisika teoretis dengan penuh semangat  di rumah."                                         Kebiasaan bolos kelas untuk fokus memecahkan masalah sulit di waktu luangnya adalah salah satu yang dibudidayakan oleh pamannya, Jakob Einstein, yang pertama kali memperkenalkannya pada aljabar. Pada saat dia berusia 12 tahun, Einstein sudah memiliki, "kegemaran untuk memecahkan masalah rumit dalam aritmatika," dan orang tuanya membelikannya buku teks matematika tingkat lanjut yang bisa dia pelajari selama musim panas.                                     
                                                                                          Einstein belajar fisika, tidak dengan patuh menghadiri kelas, tetapi dengan obsesif bermain dengan ide-ide dan persamaan sendiri. Melakukan, bukan mendengarkan, adalah titik awal bagaimana dia belajar fisika.                                                       Yang penting diperhatikan di sini bukan hanya metode pembuktian proposisi untuk belajar fisika, tetapi juga dorongan untuk melakukannya. Jelas bahwa keingintahuan Einstein tidak hanya untuk tampil secara memadai, tetapi untuk mengembangkan pemahaman dan intuisi yang mendalam tentang konsep-konsep fisika.                         
                                                                                           Demikianlah sekilas tentang ilmuwan yang melegenda ini,  semoga terinspirasi. 

Belajar les privat di masa pandemi

 

   Les Privat BS berlokasi di Bandung, pusatnya di Komplek Margahayu Raya. Hingga saat ini belum melakukan kegiatan belajar mengajar, ataupun les privat dengan tatap muka karena belum memungkinkan. Tetapi untuk belajar secara daring (online), masih berlangsung. Guru-guru les (tentor) kami siap membantu adik-adik/siswa siswi membimbing mata pelajaran sesuai dengan kebutuhan. Untuk lebih jelasnya silahkan hubungi nomor HP : 087821057956 dan WA : 0817224363.             

   Untuk saat ini masih berlangsung beberapa siswa yang belajar privat secara online, semoga adik-adik semakin semangat belajarnya. Mari kita berusaha sambil berdoa agar pandemi COVID-19 segera berlalu. Jaga kesehatan ya adik-adik, dan sukses selalu.                                 

Orang Ternama, Penemu, dan Ulang Tahun

 Kalender di bulan Agustus

   Pada 6 Agustus 1935 :  William Coolidge memperoleh paten untuk tabung sinar katoda.

 







 This-Day-in-Patent-History, August, 6th, 1935


     Tabung tersebut merupakan bahan penting untuk TV dan aplikasi elektronik lain. Coolidge, nama lengkap : William David Coolidge, (lahir 23 Oktober 1873, Hudson, Massachusetts, AS — meninggal 3 Februari 1975, Schenectady, New York), seorang bergelar doktor dan isinyur, Fisikawan asal Amerika dan ahli kimia fisik untuk perbaikan filamen tungsten sangat penting dalam pengembangan bohlam lampu pijar modern dan tabung sinar-X.   


                        William David Coolidge

     W. D. Coolidge (1873-1975) adalah salah satu inovator terpenting abad ke-20 di bidangnya. Coolidge mengembangkan filamen tungsten ulet yang digunakan dalam bola lampu, lampu fluoresen, pengapian mobil, dan tabung vakum. Dia bekerja pada transformatordan tabung sinar katoda, tabung vakum tinggi dan dia adalah salah satu pemimpin awal di Lab Penelitian Listrik Umum. Dia memiliki pemahaman fisika yang luar biasa dan membuat peningkatan pada banyak teknolo


  Dr.Coolidge bergabung dengan Laboratorium Riset Perusahaan General Electric pada tanggal 11 September 1905 di Schenectady. Dia memainkan peran utama dalam membuat lampu pijar seperti sekarang ini, karena pada musim gugur 1908 dia menghasilkan apa
 yang belum pernah dilihat manusia: tungsten ulet. Itu memiliki semua sifat kawat yang mampu ditarik hingga hanya seperenam diameter rambut manusia. Pada tahun 1911 ia telah menemukan cara berbiaya rendah untuk membuat bahan dan dengan demikian pencahayaan berubah selamanya. Tungsten ulet Dr. Coolidge adalah dasar dari lebih banyak penemuan. Pencarian untuk aplikasilain dari logam baru ini menyebabkan penggunaannya dalam kontak pengapian mobil. Di sini Coolidge merasa sangat unggul daripada platinum atau perak sehingga saat ini hampir digunakan secara universal dalam sistem pengapian mobil.

 

 
 W. D. Coolidge (1873-1975)

 

     Kemudian, 11 Agustus 1950: Steve Wozniak lahir, dia adalah salah satu pendiri Apple Computers.

Steve Wozniak
Insinyur elektronik berasal dari Amerika.Steve Wozniak, nama panggilan Stephen Gary Wozniak, (lahir 11 Agustus 1950, San Jose, California, AS), Stephen Gary Wozniak, juga dikenal dengan julukannya "Woz", adalah seorang insinyur elektronik, programmer, dermawan,
dan pengusaha teknologi Amerika.

 

 Stephen Gary Wozniak

   Dia bergelar insinyur elektronik Amerika, salah satu pendiri, bersama Steve Jobs, dari Apple Computer, dan perancang komputer pribadi pertama yang sukses secara komersial.

    Wozniak — atau “Woz”, demikian dia biasa dikenal — adalah putra seorang insinyur listrik untuk Perusahaan Rudal dan Luar Angkasa Lockheed di Sunnyvale, California, yang kemudian dikenal sebagai Silicon Valley. Seorang siswa dewasa sebelum waktunya tetapi tidak disiplin dengan bakat untuk matematika dan minat dalam elektronik, ia menghadiri University of Colorado di Boulder selama satu tahun (1968–69) sebelum keluar. Setelah kembali ke California, dia kuliah di community college lokal dan kemudian University of California, Berkeley. Pada tahun 1971 Wozniak merancang "Kotak Biru," perangkat untuk phreaking (meretas jaringan telepon tanpa membayar untuk panggilan jarak jauh) yang dia dan Jobs, seorang siswa di sekolah menengah lamanya yang dia temui sekitar waktu ini, mulai menjual ke murid lain. Juga selama awal 1970-an Wozniak bekerja di beberapa perusahaan elektronik kecil di wilayah Teluk San Francisco sebelum mendapatkan posisi di Perusahaan Hewlett-Packard pada tahun 1975, saat itu dia secara resmi keluar dari Berkeley.
Wozniak juga terlibat dengan Homebrew Computer Club, grup area Teluk San Francisco yang berpusat di sekitar kit komputer mikro Altair 8800 do-it-yourself, yang didasarkan pada salah satu mikroprosesor pertama di dunia, Intel Corporation 8080, yang dirilis pada tahun 1975. Sementara Bekerja sebagai insinyur magang di Hewlett-Packard, Wozniak merancang mikrokomputernya sendiri pada tahun 1976
menggunakan mikroprosesor baru, tetapi perusahaan tidak tertarik untuk mengembangkan desainnya.
    Jobs, yang juga merupakan anggota Homebrew, menunjukkan begitu banyak antusiasme terhadap desain Wozniak sehingga mereka memutuskan untuk bekerja sama, membentuk perusahaan mereka sendiri, Apple Computer. Modal awal mereka berasal dari penjualan mobil Jobs dan kalkulator Wozniak yang dapat diprogram, dan mereka memulai produksi di garasi keluarga Jobs untuk membuat papan sirkuit komputer mikro.

 

 
Steve and Jobs

 

    Penjualan kit itu menjanjikan, jadi mereka memutuskan untuk memproduksi produk jadi, Apple II;
selesai pada tahun 1977, termasuk keyboard built-in dan dukungan untuk monitor warna. Apple II,
yang menggabungkan teknik brilian Wozniak dengan rasa estetika Jobs, adalah komputer pribadi pertama yang menarik di luar lingkaran hobi.

     Stephen Wozniak & Steven Jobs Apple I circuit 1976

    Ketika perusahaan go public pada tahun 1980, nilai pasarnya melebihi $ 1 miliar, pada saat itu merupakan kenaikan tercepat dalam sejarah perusahaan, dan saham Wozniak di perusahaan membuatnya menjadi multijutawan instan.

 

 

 Steve Wozniak

 

      Demikianlah postingan untuk kali ini mengenai Orang Ternama, Penemu dan Ulang Tahun. Semoga berguna dan selamat belajar !




Sumber :

- patentyogi.com

- britannica.com

 


  

   

 

 


Keuntungan pada anak dengan mempunyai hobi

Hobi membantu pertumbuhan dan perkembangan

      Banyak orang tua yang agak enggan untuk mendorong anak-anak mereka dalam hobi apa pun berpikir bahwa itu akan mempengaruhi studi mereka. Tetapi penelitian telah menunjukkan bahwa anak-anak memiliki hobi yang konstruktif lebih fokus dan penuh perhatian terhadap akademik mereka. Mereka tumbuh menjadi kepribadian yang lebih baik.





Apakah Hobi Penting untuk Prestasi Akademik?

       Hobi dapat membantu anak-anak Anda untuk menggali lebih banyak informasi dan pengalaman tentang dunia luar atau pendidikan akademik. Ini bisa sangat berguna bagi mereka untuk mendapatkan lebih banyak pengetahuan dan juga meningkatkan kemampuan mereka untuk bersosialisasi. Saat ini, sebagian besar anak tidak dapat bersosialisasi dengan baik karena kemajuan teknologi. Melalui hobi, anak-anak dapat belajar lagi bagaimana bersosialisasi dengan orang sesungguhnya
       Terkadang, hobi adalah akar karier mereka. Mereka yang memiliki bakat alami harus dikembangkan baik untuk tujuan profesional atau hanya untuk hobi. Ingat, hobi apa pun yang dilakukan anak-anak Anda sekarang, jika mereka bisa menguasainya dengan baik, itu pasti bisa membantu mereka untuk masalah keuangan. Namun sebagai orang tua, Anda harus membantu mereka mengarahkan hobi yang baik dan bermanfaat. Ingatlah bahwa ada beberapa hobi buruk yang tidak baik untuk anak-anak Anda. Jadi, alih-alih menolak hobi mereka saat ini, Anda bisa memberi mereka lebih banyak dukungan untuk hobi yang lebih berguna seperti bermain musik, melukis, drama, seni bela diri, olahraga, dan sebagainya. Sabar saja dan selalu mendukung mereka. Dan terakhir, jangan pernah memaksa mereka untuk mendapatkan hobi tertentu. Itu tidak berguna karena mereka akan melakukannya karena harus tidak kemauan mereka sendiri.




Demikianlah keuntungan pada anak dengan mempunyai hobi.